JAKARTA-PENANG PP CUMA 655RB!

THE JOURNEY BEGINS!

Awalnya bisa punya ide pergi ke Penang ini random banget, pas September 2018, lihat tiket murah yang di post @travelrack.co, Jakarta to Penang naik AirAsia cuma 655.000 udah PP! Kapan lagi ya kaann?! Tanpa ragu2 kita langsung chat di line @travelrack (pakai @ nya yaa). Mereka juga fast response banget, kalau kalian mau pesen tapi gak bawa passport juga gapapa, karena mereka cuma minta nama dan tanggal lahir aja. Lalu kita pilih lah tanggal Pergi 4 jam 06.40-10.05 dan tanggal pulang 7 Juli 2019 jam 10.45-12.15.

Akhirnya!
tanggal yang kita tunggu-tunggu selama 10 bulan datang jugaaa! 😀
Kita berangkat dari rumah sekitar jam 4 subuh (kebetulan dari rumah ke bandara cuma 30 menit HEHE) setelah mengurus bagasi (kita ada tambah bagasi 20kg untuk pergi, harganya 290.000 di website) dan imigrasi, masuklah kita ke boarding room sekitar jam 06.00. Penerbangan nya ontime. dan sampailah kita di PENANG jam 10.00.
Pas di pesawat kita pesen menu baru nya AirAsia, yaitu Inspi(RED) Burger. Burger yang terinspirasi dari Chef Hong Thaimee's. Surprisingly ini enaakk! burgernya garing, daging dalemnya juga empuk dan kaya rasa.
Inspi(RED) Burger (IDR 45K)

PENANG DAY 1

4 Juli 2019
Sesampainya kita di Penang International Airport (PIA), kita di sambut dengan banyak nya penawaran taksi, tapi karena jiwa petualangan kita besar, kita mau naik bus! selain lebih murah, kita belum familiar dengan taksi di Penang ini. Mau nya naik Grab, tapi hari itu, wifi yang kita sewa dari Jakarta tidak berfungsi 😢
Hal pertama yang harus kalian lakukan setelah sampai PIA ini adalah tuker uang gede kalian jadi uang kecil!

Karena naik bus di Penang gak ada kenek nya, jadi supir nya juga yang melayani pembayaran dan ketik tiketnya, terus kita harus siapin duit pas (supaya yang di belakang kita gak nunggu kelamaan), uang nya di masukin ke kotak dan gak ada kembalian.
Laluuu naik bus di Penang ini unik banget loh, misalnya di tulis KOMTAR tapi kalian harus tetep tanya dulu sebelum naik ini ke KOMTAR atau enggak.

Nunggu bus di PIA ini lumayan lama, kita nunggu hampir 1 jam, ini juga kebetulan di bantu sama warga lokal yang lagi nunggu bus juga. Dia bilang suruh naik bus 401 ke KOMTAR, tapi yang lewat bus 401E terus, tapi kita tetep sabar menunggu, karena masih on time sesuai jadwal.

Perjalanan dari PIA menuju Komtar kurang lebih 1 jam. Dari Komtar kita jalan kaki ke penginapan kita di Kimberley Hotel Georgetown tipe Raffles Suite with breakfast (kamar untuk 4 orang, 1 King Bed dan 2 Twin Bed, kita pesen di Traveloka harganya sekitar 3,3 juta untuk 3 malam (harga September 2018).
Selain ituu, yang bikin kita tambah seneng nginep di Kimberley Hotel Georgetown ini, karena hotelnya sangat cinta bumi! Mereka sedia in dispenser geng! jadi kalian gak perlu deh beli-beli banyak mineralwater botol! selain itu bisa hemat pengeluaran kalian juga! Good job! 😍
Deket hotel kita ini banyak banget makanan, karena dari Jakarta udah baca-baca tentang makanan di deket hotel, akhirnya kita jalan kaki ke Tai Tong Restaurant, ini resto chinese food dan dimsum.

Disini untuk chinese food nya bisa pesen ke pelayannya, kalau dimsum nya kalian ambil dan pilih aja kalau oma-oma nya lewat. Dimsum disini rasa nya oke, ga terlalu gurih atau asin, jadi gak bikin hauss. Bakpao Char siu nya enak, dalem nya manis asin, bapkao nya juga lembut. Bakpao telur asin nya gak se melt itu, cuma lembut banget.
Nasi goreng nya enak banget dong, gurih nya berasa, ada kayak rasa kepiting nya gitu, udang nya juga fresh dan gede-gede.

Aneka dim sum (RM 2.10- RM5.80)
Fried Rice in Yong Chew Style (Large RM 22.5)
Porsi nya gede banget, bisa buat ber 6, kita sampe bungkus sisanya

Lanjut abis makan kita naik Grab (RM 13) ke Kek Lok Si Temple. Karena udah siang dan takut temple nya tutup.

Temple ini gede banget, menurut kita ada 3 bagian, temple nya itu sendiri, Pagoda dan Kuan Yin.
masuk ke temple nya ini sendiri free, dari naik tangga kita bisa keliling-keliling dan berdoa sendiri aja.

Bagian ke 2 ada Pagoda, ini masuknya bayar RM 2 per orang.

Pemandangan dari atas halaman Pagoda.

Bagian ke 3, ada Patung Kuan Yin yang terbesar.
untuk menuju kesana kita pakai lift (RM 6 per orang untuk PP naik dan turun)

Pemandangan turun dan naik dari lift

Lanjut dari Kek Lok Si Temple kita ke Penang Hill naik Grab (RM 5) karena takut ke sore an. Tapi sayang sekali pas kita dateng lagi maintenance huhu dan akan buka lagi hari Sabtu 6 Juli, baiklah kita akan kesana lagi hari Sabtu.

Nah kalau sudah ke daerah sini, sekalian cobain Laksa Air Itam yang terkenal itu. Pas kita dateng untungnya lagi gak ramai jadi bisa langsung di layani.

Laksa nya super duper kaya akan rempah, wangi, rasanya campur aduk, gurih, asem asin gitu. Seger walaupun di tengah2 panas nya Penang.

Laksa Air Itam (RM 5)

Nah, karena kaget dengan panas nya Penang, kita sering banget beli minuman es yang dingin dan manis, mumpung disini ada jual juga kita beli cendol, cincau dan es tebu.

Cendol (RM 4)
Tebu (RM 2) & Cincau (RM 8)
Sambil menunggu Grab di Pasar Air Itam, kita melihat ada yang unik, namanya Putu Mayam, ini semacam putu nya orang India gitu, rasanya lucu, manis kayak kue putu di Jakarta, kalo yang ijo nya agak tawar, mungkin kita makannya agak salah ya, harusnya di campur gak di pisah haha

Putu Mayam (RM 4)

Setelah selesai makan, kita lanjut ke Chew Jetty, di sini ada laut, dermaga, dan tempat belanja-belanja juga makanan. Tapi kita kesini cuma liat dan foto-foto aja karena tempatnya bagus.

Dermaga di Chew Jetty
Pasar di Chew Jetty

Cape dan panas keliling-keliling, kita cari lagi makanan dingin yang unik di Chew Jetty ini, ketemu lah kita dengan Puff yang di isi ice cream, ada 3 rasa, Durian, Green tea, dan Chocolate . Soes nya lembut banget, terus masih fresh karena baru di masukin filling nya pas kita pesen.
Durian, Green Tea, Chocolate puff (RM 20 isi 6)

Selesai explore Chew Jetty, kita jalan keluar dan nyebrang lurus terus ke Armenian Street, tempat street art Penang yang terkenal. Disini seru banget, ruameee, tempat nya asik, banyak tempat belanja yang lucu-lucu dan unik, selain itu banyak gedung-gedung juga untuk foto.

beberapa street art yang kita temuin sepanjang jalan

Salah satu gedung di Armenian street

DAAAN betapa bahagia nya kita menemukan tempat jualan ice cream di tengah kepanas an ini, sebagai pecinta dessert kita langsung  beli 2 scoop! HAHA

Chocolate & Macadamia (RM 13.50 + cone RM 2)

Berhubung tempatnya lucu kita sekalian aja OOTD. hehe.

Lanjut ke destinasi selanjutnya, yaitu Queensbay Mall, naik Grab (RM 15) lagi karena kita udah laper lagi huehehe
Queensbay Mall ini seperti mall pada umumnya di Jakarta, jadi kita cuma masuk sebentar terus keluar lagi. Pas lagi jalan menuju halte bus, kita lihat restoran Kapitan  jadi lah kita cobain makanan disini.

Nasi Briyani nya enak, gurih, ayam nya gede buanget, tapi empuk,bumbu nya juga meresap gitu.
Kopi nya doongg seger banget, perpaduan kopi dan es nya pas banget, dan gak terlalu manis jadi gak bikin eneg.

Restoran Kapitan depan Queensbay Mall
Nasi Briyani Claypot (RM 12.40)

Kopi (RM 1.50)

Karena lelah nya hari ini kita langsung balik ke hotel dengan Bus.
Sesampainya di hotel kita makan Dimsum di depan hotel namanya Yong Pin Restaurant, enak geng dimsum nya lebih gurihhh, kita lupa foto huhu kita pesen Hakau, Siomay, Bakpao telor asin, Bakpao charsiu dan lo mai kai totalnya RM 27.40.

Segitu aja cerita kita di Penang hari pertama. ditunggu cerita-cerita kita selanjut nya yaaa 😀

----------
Air Asia                            2,620,000
Tambah Bagasi 20KG     290,000
Tambah Bagasi 25KG     320,000
Pilih tempat duduk          199,200
Kimberley Hotel            3,383,000

Total                                6,812,200

Day 1 untuk 4 orang: (1RM = IDR 3,455)