KELILING PENANG NAIK BUS!

LET'S CONTINUE THE JOURNEY!

PENANG DAY 2

5 Juli 2019
Hari ke 2 di Penang, kita mulai dengan sarapan di Auction Room, bagian dari Kimberley Hotel Georgetown juga. Tempatnya lucu, tema-tema jadul gitu, pelayanan nya juga ramah dan cepat. Breakfast disini bukan yang prasmanan gitu, tapi pesen set menu ada 5-6 pilihan.
yang kita pilih ada set menu A Big Breakfast, Set Menu B Nasi Lemak, set menu C Omelette, Set Menu D Sandwich. Semua makanan disini enak semua, dimaskak dengan sempurna sesuai tingkat kematangan yang seharusnya. Walaupun makanannya seperti makanan Eropa, tapi tetep masuk taste asia nya loh, rasanya gak hambar gitu. daaann enak nya lagi, porsi nya gede-gede! kita makan pagi ini bisa tahan sampai jam 2 an hahaha maklum kalo lagi jalan-jalan kadang lupa makan dan jam makan siang kelewatan saking seru nya haha
Set Menu A
Set Menu B
Set Menu C

Sehabis breakfast ini, kita lanjut makan lagi haha kita makan lagi karena ini cuma ada nya di pagi hari, namanya Roti Canai Transfer Road, ini cukup terkenal dan rame, makanya kita penasaran dan bela-bela in makan lagi walaupun abis makan hahaha kebetulan tempat ini cukup dekat dari hotel kita, cuma 10 menit aja jalan kaki, sekalian nurunin makanan, kita jalan kaki kesini.

Sesampai nya di Roti Canai Transfer Road, banyak orang-orang berbaju kuning yang jalan-jalan dan nyamperin orang-orang yang mau makan disini, ternyataa ini dari HERTZ MALAYSIA , mereka lagi promo dan buka kantor baru di jalan transfer road ini, jadi breakfast on hertz, kita cuma perlu follow instagram or facebook nya, terus dapet 2 kupon, 1 untuk roti canai dan 1 untuk thai tea! yeay breakfast gratiiss hehe 😛
Roti Canai + Ayam

Tuh kalian bisa liat kan makan disini rame banget, padahal ini kita dateng pas jam 8 pagi loh pas mereka baru buka.
Ternyata emang enak geng! Roti Canai nya tebell, tekstur nya masih berasa pas di makan, beh apalagi ayam nya itu bumbu nya meresep banget, apalagi ayam di Penang ini guede-gede bangeeettt. Thai tea nya juga enak, kentel tapi ga kemanisan. cocok banget buat makan sama roti canai ini.
Kalo kalian udah kesini, sekalian pesen milo anget (RM 4)nya juga, manis nya pas banget, lebiih kentel tapi ga bikin eneg.

Terus dari kemaren kita jalan banyak bange yang jual roti bakar telur goyang, penasaran lah kita, dan kebetulan ada yang jual di sebelah roti canai ini.
Roti Bakar Telur Goyang (RM 4)
Ohh ternyata roti bakar telur goyang tuh roti bakar biasa + telur setengah mateng! haha lucu namanya, tapi enak kok, cocok banget buat sarapan dengan milo yang tadi kita juga udah pesen 😉

Lanjut dari sini kita jalan kaki lagi ke Terminal Bus Komtar untuk menuju ke Penang National Park.
Suasana di Komtar Bus Terminal
Di sini rame dan banyak line bus nya, tapi tenaaang kalian bisa tanya sama pos informasi di terminal ini.
Kita nunggu di line 1 untuk bus 101 menuju Penang National Park. Setelah nunggu 4 menit (ada di TV informasi nya) datang lah bus nya, tapi ternyaata ruameee, kita gak dapet masuk karena kita gak antri paling depan. Next nya, kita berdiri paling depan supaya dapet masuk. Itu juga rame dan kita duduk paling belakang haha

Dari Komtar menuju Penang National Park (RM 3,40 per orang)
Perjalanan ke Penang National Park cukup jauh hampir 1 jam, dan melewati gunung dan pantai, jalannya berliku-liku, tapi rame nya cuma sampai Gurney saja, sisa ke atas nya sepi, jadi kalau mabok duduk di belakang udah bisa pindah duduk kedepan.

Karena kita enggak tau harus turun dimana, dan di bilang nya sampai terakhir, jadi lah kita enggak turun-turun, ternyata terakhir itu berenti di Escape Theme Park, yaudah sekalian aja kita liat-liat ada apa. Ternyata ini tempat berenang gitu, semacam waterboom, dan tempat outing buat team building gitu, karena emang gak bawa apa-apa buat main air, jadilah kita foto-foto aja di depannya.

Luas banget ya Escape Theme Park ini.

Sembari nunggu bus buat balik ke Penang National Park, kita jalan-jalanlah ke atas, eh ternyata ada Entopia by Penang Butterfly Farm, tempatnya dari depan bagus gitu, kayak hutan di dalam ruangan, tapi kita hanya liat dari luar aja karena emang gak ada rencana kesini. Disini sejuk dingin gitu loh, enak buat bernafas. mungkin karena di gunung kali yaaa...
Foto di depannya aja

Setelah balik ke tempat nunggu bus nya, bus nya tak kunjung datang, jadilah kita pesen Grab aja (RM 5).

Masuk ke Penang National Park ini Gratis, kita hanya perlu mengisi buku tamu, lalu dapet kertas permit seperti ini

Disini kita gak jalan terlalu jauh, hanya pos terdekat aja (490m) karena udah cape nanjak hahaha
Setelah selesai kita nunggu di depan Penang National Park, untuk naik bus (Gratis) lagi ke Tropical Spice Garden, ternyata bus nya gak ada yang langsung, jadi kita di turunin di Hub Teluk Bahang, baru bisa lanjut ke Tropical Spice Garden, naik bus dari Hub Teluk Bahang ke Tropical Spice Garden naik bus 102, sekitar 20 menit (RM 1,40 per orang)

Sampailah kita di Tropical Spice Garden, ini juga kita gak masuk, karena pas kita tanya, isi di dalam nya pohon-pohon spice gitu.

Lanjut ke destinasi selanjutnya yaitu Batu Ferringhi Beach, naik bus 101, ini sebenernya pantai-pantai berbatu gitu, cuma karena banyak nya resort dan hotel jadi seperti private beach, kalo gak nginep ya gak bisa masuk.
Kita tanya sama supir bus nya kalo mau ke Batu Ferringhi bisa gak, turun dimana. dia bilang naik aja, alhasil kita di turun in di depan Hotel Rasa Sayang which is Shangri-La, kita tanya-tanya gak boleh masuk, jadi lah gagal ke Batu Ferringhi.

Tapi sepanjang perjalanan menuju Penang National Park kalian bakal bisa liat kok pantai-pantai berbatunya, nah pas arah pulang kita juga liat halte Cafe Miami, untuk bisa turun ke pantainya, buat kalian yang mau kesini, baiknya minta turun di Cafe Miami ini yaa!

Ohya, buat kalian yang kesini, baiknya makan dulu atau bawa makanan, karena menurut kita agak susah ya cari makanan disini. kita akhirnya nahan laper di bus sampe ke kota haha

Lanjott lagi naik bus 101 langsung menuju Fort Cornwallis, selama kurang lebih 1,5 jam.
Dari turun bus, kita masih harus jalan kaki lagi kurang lebih 10-15 menit menuju Fort Cornwallis.
Sebelum sampai ke Fort Cornwallis, pas banget kita lewatin The Queen Victoria Memorial Clock Tower.
Ternyata Fort Cornwallis ini ada di belakangnya The Queen Victoria Memorial Clock Tower.
Karena ini isi nya benteng-benteng gitu, dan kita udah kelaperan, jadi kita hanya foto di depan dan mencari makan. hehe nah kita mencari Hameed Pata Mee Sotong dan ternyata deket banget, jalan kaki cuma  5 menit, ada di dalam food court The Esplanade Park
Daan ternyata pas kita sampe sini, Hameed Pata Mee Sotong nya habis! huhu yasudah kita makan yang lain aja, kita pesen Char Kwe Tiaw (RM 9) ini enak, bumbu nya berasa, tapi porsi nya dikit.
Fried Rice (RM 8) bumbu nya kuat banget, dan kaya rasa, kayak nasi goreng chinese food, tapi porsi nya juga sedikit. Pesen makanan disini cepet banget datengnya, cocok buat yang kelaperan kayak kita haha
Char Kwe Tiaw (RM 9)
Fried Rice (RM 8)
Karena belum kenyang, kita pesen lagi Nasi Ayam (RM 6), seperti biasa ayam di Penang gede-gede banget, bumbunya meresap nya juga pas asin manis gt, nasi nya banyak dan berjatuhan gitu (gak nempel), kuah nya menambah rasa supaya gak bosen gitu.
Nasi Ayam (RM 6)
Untuk minumannya lucu banget namanya Es Bandung (RM 4), ini semacam sirup dikasih es vanilla float, beh seger banget di kepanasan dan kelaperan ini, ada juga Kelapa Float (RM 4) ini lebih seger lagi dong, air kelapa di kasih es krim vanilla, siapa yang gak jatuh cinta!?
Es Bandung (RM 4) & Es Kelapa (RM 5)
Setelah kenyang, kita lanjut lagi jalan kaki ke Penang Town hall, tapiii ternyata lagi tutup karena di renovasi. Di sebelahnya ada gedung yang mirip, dari depan kayak museum gitu, ternyata gedung MBPP, isi nya semacam sejarah pulau Penang ini.

Foto di depan gedung nya
Sebelum lanjut ke destinasi lain, kita foto dulu di Padang Kota Lama, semacam pinggir pantai dan banyak kapal-kapal gitu.

Selesai foto-foto, kita lanjut jalan kaki lagi ke Sri Mahamariamman Temple, ini kita cuma liat dari depan aja karena masih tutup pas kita dateng (buka jam 06.00-12.00, 17.00-00.00). Templenya bagus, warna warni dan banyak detail-detail patung
Jadi temple ini ada di kawasan Little India, terus gak jauh dari temple ini, ada Nasi Dalca Rahim, karena sepanjang jalan kaki di Penang ini banyak yang jual nasi dalca, kita jadi penasaran dan akhirnya cobain. Unik banget disini pake nasi tomat, tekstur nya kayak nasi briyani, tapi dia ada rasa sedikit asam tomat dan taste akhirnya tuh nasi briyani, makin enak dan gurih, gak bosen makannya. terus pakai ayam, ayamnya juga seperti biasa super gede dan empuk dan bumbu nya menyerap banget, terus dikasih juga telur rebus dan seperti salad, enak, mayonaise nya gurih dan tetep ada rasa bumbu India yang super kaya rasa dan rempah. Untuk minumnya kita pesen Teh manis, teh manis disini emang semua kayak thai tea ya geng! Teh + Susu kental, jadi jangan bayangin teh bening pakai gula pasir hehe

Nasi Dalca (RM 13)
Teh Manis (RM 2)
Setelah makan sebenernya kita bingung mau kemana, karena semua destinasi di atas banyak yang kita gak masuk, jadi waktu nya berkurang banyak dan ini masih sekitar jam 6 sore, gak mau dong balik ke hoteel, akhirnya kita buka google maps, dan menemukan Wonderfood Museum, yang deket banget tingggal jalan kaki 10 menit. Seharusnya di jadwal ke  Wonderfood Museum itu besok, cuma karena udah deket dan masih buka, kita cuss ajaa! 😝 Jadi besok bisa ke tempat lain lagi hehe

Tiket Wonderfood Museum (RM 25 per orang)
Saat masuk kita langsung di sambut dengan fotografer dari Wonderfood Museum, foto langsung jadi yang bisa dibeli setelah keliling-keliling. Disini, kalau kalian pergi sendiri atau ber2 tapi mau foto barengan, jangan syediiih, selalu ada mas dan mbak yang sigap dan jaga2 buat fotoin kita.
Di Wonderfood Museum ada apa sih? nah disini ada berbagai jenis makanan Penang yang di buat dalam versi besar!
selain itu, ada juga berbagai makanan yang di tempel, dengan penjelasannya,

Selain itu ada juga berbagai minatur yang membuat kita sadar untuk menyayangi makanan, hewan, dan sesama. Ada juga berbagai tips makan di mana kalau ke penang. Kita kasih sekilas aja ya supaya kalian juga penasaran 😬

Setelah kita ke Wonderfood Museum baru sadar kalo minum di Penang bentuknya begini, unik ya!

Berbagai kandungan gula dalam makanan membuat kita sadar akan kesehatan

Please, don't!
Jangan buang-buang makanan yah geng!
Tempat makan yang famous di Penang
Setelah selesai keliling, mereka langsung mengarahkan kita ke tempat hasil foto-fotonya, harganya 1= RM 25, kalau beli 3 = RM 50, yasudah kita beli 3 buat kenang-kenangan hehe

Dari Wonderfood Museum kita cobain naik bus CAT (Central Area Transit), yaitu bus GRATIS yang bisa anter kita sampe ke Komtar, sebenernya gak cuma ke Komtar aja, banyak tempat-tempat lain yang bisa pake CAT Bus ini, asal rajin cari dan tau rute nya.

Setelah turun di Komtar, kita langsung menuju ke Penang Road Famous Teochew Chendul. Eeeh pas lagi lewat ga sengaja nemu es yang gak ada di Jakarta, es Oreo hoho ini yang kiri yang model cone ga begitu manis, oreo nya cuma di atas nya aja, ukurannya juga gak terlalu gede. Nah yang kanan ini yang jadi favorit kita! enak bangeettt oreo nya bener-bener berasa karena menyelimuti semua bagian, udah gitu garing tiap di gigit kres kres dan kayak ada serpihan oreo nya gitu, ini bener-bener bikin nagih! Kalo lewatin minimart kalian wajib beli yaa! 😀
Oreo Kiri (RM 3) & Kanan (RM 4,30)
daan sampailah kita ke chendul yang super terkenal ini, seperti biasa, super rame disini. Chendul disini isi nya banyak geng, bisa buat ber 2 seperti nya 1 porsi, chendul disini pake kacang merah, menurut kita sih rasanya gak terlalu manis, jadi gak bikin eneg.

Famous Teochew Chendul (RM 3,20)
dari sini kita lanjooot makan lagiii, seperti biasa kita jalan kaki buat nurunin makanan sambil liat-liat mall yang kita lewatin. Sampailah kita di 888 Hokkien Mee, ini kita cobain karena ada di salah satu rekomendasi dari Wonderfood Museum.
Disini sistemnya selfservice, jadi abis kita pesen, kita langsung tunggu dan bayar, terus bawa sendiri ke meja masing-masing, mungkin saking rame nya ya jadi ga sempet anter-anterin dan gak tau urutannya.
Ini kita pesen yang + roasted pork. Mee nya disini kuah nya kaya rasa, wangi dan sedep, roasted pork nya juga garing dan menambah rasa, mie nya juga enak kecil-kecil gitu.

Hokkien Mee + Roasted Pork (RM 7,50)
Disini gak cuma jualan hokkien mee aja, tapi ada Wan Thun Mee juga, sekalian aja kita pesen juga, ini juga self service, tungguin sampe jadi terus bawa sendiri. Wah ini sih kita suka banget, walaupun kayak di kecapin manis, ternyata ini rasanya asin gurih gitu loh, terus mie nya super alus dan kecil, pas di makan masih ber tekstur, di tambah sui kow yang kaya rasa dan bumbu, makin manteep deh!

Wan Thun Mee Dry Small (RM 5)

Tambahannya lagi kita pesen Oyster Omelette, ini juga enak! oyster nya banyak, telur nya gurih dan tebel, pas kita pesen baru di masak, jadi nya masih fresh walaupun lama nunggunya.

Small Oyster Omelette (RM 10)
So faar puas banget sih makan disini, banyak pilihannya! Di sebelah-sebelahnya juga banyak makanan kaya sate, es cendol danlain-lain.

Sekian cerita day 2! see you next day ! 😁

----------
Day 2 untuk 4 orang: (1RM = IDR 3,455)
Bus          RM 36.00       124,380
Grab RM 5.00            17,275
Makan RM 77.20         266,726
Wisata RM 100.00       345,500

Total RM 218.20         753,881

Cheers,

hungrycouplee

1. wahhhh.. seru banget sepertinya Penang ini, minggu depan mau kesana jadi cari2 referensi nih.. thankyou info2nya mba..